Langsung ke konten utama

Sejarah Singkat Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berdiri pada tahun 1964. merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah.  Pada waktu itu UMM baru membuka 3 fakultas, yaitu:Hukum, Ekonomi   dan FKIP (jurusan Pendidikan Agama Islam).  Selanjutnya, pada periode tahun 1968-1975,  UMM membuka lagi 2 fakultas, yaitu: FSIP dan Fak. Agama Islam.  Pada periode tahun 1975-1977, UMM kembali membuka 2 fakultas baru, yaitu: Pertaniandan Teknik.  Jumlah fakultas masih tetap sama hingga tahun 1983.  Baru pada periode tahun 1983-2000, beberapa fakultas baru dikbuka, yaitu: Psikologi, Peternakan, Program D3 Keperawatan dan Kedokteran.  Tahun 2007 ini, UMM kembali membuka fakultas baru, yaitu: PS Farmasi yang merupakan bagian dari fakultas ilmu-ilmu kesehatan.  Pada tahun 2009, pimpinan UMM melakukan penggabungan Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan-Perikanan menjadi Fakultas Pertanian dan Peternakan agar sesuai dengan konsorsium Ilmu-ilmu Pertanian.


Sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Timur, UMM kini mengelola lebih dari 18,000 mahasiswa aktif yang berasal dari hampir seluruh wilayah Indonesia dan bahkan dari luar negeri, seperti: Australia, Singapura, Malaysia, dan Timor Leste.  Walaupun UMM merupakan perguruan tinggi Islam, latar belakang agama mahasiswa bukan merupakan suatu kendala.  Oleh karena itu, mahaiswa UMM tidak hanya beragama Islam, namun ada yang Hindu, Budha, Kristen , dan Katolik.


Untuk mendukung kegiatan perkuliahan, UMM selalu meningkatkan fasilitas, baik pengembangan gedung perkuliahan, laboratorium, sarana komputer dan fasilitas akses intranet dan internet dengan menggunakan fiber optic dan beberapa area hotspot.  Selain itu juga dikembangkan perpustakaan digital yang dilengkapi dengan jurnal online, materi audio-visual, dan sumber informasi ilmiah lain yang tergabung dalan Indonesian Digital Library Network (IDLN).


Guna menunjang finansial, UMM mengembangkan beberaopa unit usaha sebagai profit center yang diharapkan dapat menyokong keuangan UMM tanpa membebani mahasiswa dengan dengan biaya kuliah yang tinggi.  Beberapa unit bisnis yang sudah berjalan antara lain: UMM Press, Book Store, UMM Dome, Hotel University Inn, dan Bengkel sepeda motor.  Dalam jangka dekat akan segera dibangun Rumah Sakit Pendidikan (Teaching Hospital), Pom Bensin, Rumah Susun Sederhana Sewa Mahasiswa, Mall, dan lain-lain.



sumber : http://www.umm.ac.id/page.php?c=01&c2=0101&c3=010101&lang=id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persyaratan Menjadi Tentara Brigade Izzuddin Al Qassam ( HAMAS ) Palestina

  Proses Pendaftaran  Alhamdulillah masih di beri kesehatan oleh Alloh SWT,dan kali ini saya ingin mengupas lagi tentang Brigade Izzuddin Al Qassam yang menurut saya sangat menarik perhatian umat Islam karena mereka memiliki mental baja yang berebut menjemput Syahid tapi ber Akhlak mulia dan penuh kasih sayang kepada sesama hal ini berbeda dengan gerakan islam lainya yang kadang sangat bertentangan dengan nilai- nilai Islam dan bahkan menjadi teror dan penhancur islam dari dalam.     Latihan Militer mungkin kita di buat penasaran bagaimana sih kok Hamas bisa melahirkan pejuang penjuang tanggu lewat sayap Militernya Brigade Izzuddin Al Qassam.kali ini saya akan membahas perekrutan untuk menjadi tentara di Brigade Izzuddin Al Qassam. Meskipun untuk menjadi dan bergabung di brigade Izzuddin Al Qassam tidak di bayar akan tetap banyak para pemuda palestina terutama di Gaza yang berbondong bondong untuk mendaftar menjadi bagian dari Al Qassam, Hal ini terlihat pad

MATI adalah GURU Terbaik

Banyak orang akan berubah dan mendapat hidayah ketika menyaksikan atau mendapati saudara, teman atau tetangga yang meninggal. Mereka akan sangat rajin ber ibadah kepada ALLAH ketika mengingat akan mati/meninggal. Yang dulunya tidak pernah kemasjid atau hanya pada sholat Jum'at kemasjidnya, menjadi setiap waktu kemasjid. Yang seharinya hanya membaca Qur''an hanya satu halaman atau bahkan tidak pernah baca Qur'an menjadi sangat sering membacanya dan ber lembar-lembar. Namun ada juga yang tidak ada perubahan dari dirinya sebelum mendapati kematian atau sesudahnya. Ibadahnya tetap tidak dilakukan dan sebagainya. Sahabat, semoga kita bukan golongan yang hanya apabila mendapati seseorang meninggal kemudian berubah, namun kita harus mengingat bahwa kematian bisa datang kapan saja. Bahkan ketika kami menulis ini. Perbanyak amal ibadah kita, jaga perilaku dan isan kita, jangan terpedaya dengan gemerlapnya dunia. Semoga kita selalu dalam lindungannya.

Terlanjur Kotor

Assalamu'alaikum wr. wb. Sahabat sering sekali kita mendengar keluhan orang - orang yang di ajak kebaikan mereka menjawab cukup merekalah yang sudah baik melakukannya, namun kita yang sudah buruk ini tidak akan bisa dan tidak mampu melaukan kebaikan dan menuju kearah yang benar. Mereka sudah merasa sangat kotor sehingga merasa tidak pantas lagi untuk kembali menjalanai kebenaran atau ber taubat. Bagaimana kah kita menanggapi hal tersebut, dan apa yang harus kita sampaikan kepada mereka. Sahabat, orang -orang yang berfikiran seperti itu sebenarnya adalah pemikiran yang salah. Sejatinya merka yang mengucapkan dan berkata mereka sudah terlanjur kotor adalah bentuk keputus asa anterhadap rahmat ALLAH SWT, padahal rhamat ALLAH sangat lah luas. Ucapan seprti itu sangat lah tidak pantas, karena apa?, waktu mereka untuk kembali sangat lah banyak karena mereka belum mati, mereka juga tidak tau takdir ALLAH yang akan berlaku kepada mereka, seharusnya mereka itu atau kita berprasa